Mengetahui Cara Pencegahan COVID-19 Melalui Permainan


19 Maret 2020
Hai teman-teman! Akhir-akhir ini, COVID-19 sedang ramai dibicarakan orang dan menjadi pandemik. Kali ini aku akan membahas tentang pengalamanku dengan Eksplorasi Online bertopik pandemik yang aku ikuti pada tanggal 18 Maret 2020. Sesi online bertopik pandemik ini diadakan di sebuah group Whats App yang dipimpin oleh Kak Shanty. Sebagian besar sesi ini adalah permainan yang mengacu pada penyebaran COVID-19. Sebelum memulai permainan, kami semua diajak menonton video tentang virus-virus di dunia yang pernah tercatat seperti SARS, Black Death yang menjalar ke seluruh Eropa, dan lain-lain.

Usai menonton video itu, kami dijelaskan tentang permainan itu. Pertama, kami disuruh menyalin sebuah tabel dengan dua kolom, yaitu ronde dan angka, totalnya ada 21 baris. Di baris pertama kolom ronde, terdapat tulisan awal, dan dibaris kedua sampai dengan terakhir ada tulisan angka yang urut dari satu sampai dua puluh. Setelah membuat tabel, kami diberi tahu cara bermainnya. Dalam permainan itu, kami semua adalah seorang agen rahasia. Kak Shanty akan memberikan sebuah angka rahasia kepada setiap agen. Angka rahasia itu tidak boleh diketahui oleh agen lain. Aku mendapat angka rahasia satu. Setelah semuanya mendapat angka masing-masing, permainan pun dimulai.

Pertama-tama, aku menelpon ke salah satu teman dengan acak. Lalu di telpon itu, aku berkata “Virus” dan teman itu berkata “Waspada”. Ya, itulah kode yang diberikan oleh Kak Shanty kepada semua anak. Lalu, kami saling bertukar angka rahasia kami dan kami kalikan. Hasil perkalian tersebut lalu ditulis ke kolom angka di baris ronde satu. Setelah itu, ada seorang teman yang menelponku. Kami lalu mengucapkan kode dan saling bertukar hasil perkalian kami yang sebelumnya dan mengalikan angka itu, dan seperti itulah seterusnya. Aku merasa cukup senang dalam permainan ini walaupun ada sedikit perdebatan antara aku dan Mama di permanan ini.

Akhirnya tibalah akhir permainan, dan bersama-sama kami membahas permainan tadi. Angka terakhirku adalah 0, karena aku sempat menelpon seseorang yang hasil perkaliannya dengan teman lainnya adalah 0. Oleh karena itu, sejak aku menelponnya, hasil perkalianku dengan teman lain selalu menjadi 0. Kak Shanty lalu berkata bahwa seseorang yang memiliki angka rahasia awal 0 adalah orang yang terjangkit virus yang menyebarkan virusnya ketika dia menelpon teman lain. Lalu Kak Shanty meminta kami merefleksikan permainan tadi dengan bertanya “Bagaimana virus 0 itu dapat berhenti?”. Menurutku, virus itu dapat berhenti jika orang yang sudah terjangkit memiliki kesadaran untuk tidak menelpon teman lain dan orang yang tidak terjangkit tidak mau menerima telpon dari orang yang ia tidak pernah tahu keadaannya. Hal ini membuat penyebaran virus berhenti dengan cepat.

Sama seperti dalam permainan, COVID-19 juga dapat berakhir dengan tidak terlalu banyak pergi ke tempat umum jika tidak terlalu penting dan juga mengurangi kerumunan. Selain itu, seperti pendapatku ketika di permainan, orang yang sakit harus sadar untuk tidak berpergian agar tidak menulari orang yang sehat. Dengan melakukan tindakan itu, kita dapat mengurangi penularan COVID-19 perlahan-lahan.



Komentar

Postingan Populer